Kita Bukanlah Manusia yang Sempurna


Mengapa lebah cepat menemukan bunga?
Sedangkan lalat cepat menemukan kotoran?


Karena naluri lebah hanya untuk menemukan bunga. Sedangkan naluri lalat hanya untuk menemukan kotoran. Lebah tidak tertarik pada kotoran, sebaliknya lalat tidak tertarik pada harum dan keindahan bunga.

Alhasil...

Lebah kaya akan madu...

Sedangkan lalat kaya dengan kuman penyakit...

Lalu mengapa sebagian manusia sesadar-sadarnya menebar kebusukan seperti lalat penuh hasad dan kedengkian. 

Hati yang telah dikuasai oleh hawa nafsu dan akhlak yg buruk, lidah akan mudah terjebak dalam perbuatan ghibah. Ghibah itu lebih keji daripada zina. Akankan kita menjadi manusia yang lebih suka menebar dan membuka aib orang.

Jagalah lidah jangan sampai terjebak dalam perbuatan ghibah, meskipun hal itu kamu lakukan dengan cara menyindir, seperti ucapan Semoga Allah memperbaiki dirinya yang telah berbuat kepadaku, atau ucapan Aku memohon kepada Allah agar diriku dan dirinya sebagai orang yang baik.

Jika ucapan itu dimaksud untuk mendoakan, maka hendaknya doakan orang yang kamu hendaki itu dengan cara tersembunyi tidak dengan memamerkan kepada orang lain.

Ketahuilah... Sesungguhnya kelemahan seseorang dari menjauhi perkara yg tidak kamu sukai itu sebagaimana kelemahan dirimu dari menjauhi perkara tersebut, udzurnya dia juga seperti udzurmu. Jika kamu tidak suka bila kecacatanmu dan rahasiamu dibuka dihadapan orang lain, maka orang lainpun tidak suka bila kecacatan dirinya kamu singkap di hadapan orang lain.

Semoga Allah melindungi kita dan menuntun hati kita dari penyakit hati ini. Karena semua perbuatan jahat ini membawa kepada akhlak madzmumah adalah bersumber dari hati.

يامقلب القلوب ثبت قلبي على دينك.....

Mari cerdaskan hati...




Sumber: G+