Lima Nasehat Malaikat Jibril untuk Rasulullah dan Ummatnya


Dari Sahl bin Sa'd radhiyallahu 'anhu bahwasannya Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda: "Jibril mendatangiku lalu berkata, "Wahai Muhammad! Hiduplah sesukamu, karena sesungguhnya kamu akan mati. Cintailah siapa yang kamu suka, karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya dan berbuatlah sesukamu, karena sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya. " Kemudian dia berkata, "Wahai Muhammad! Kemuliaan seorang mukmin adalah berdirinya dia pada malam hari (untuk sholat malam), dan keperkasaannya adalah ketidakbutuhannya terhadap manusia". (HR. Ath Thobroni, Abu Nu'aim dan Al _Hakim ) 


Nasehat Pertama 

➡ Hiduplah sesukamu, karena sesungguhnya kamu akan mati!"

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, "Setiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya ). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan ". (QS. Al_Anbiyah 21-35 )

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, "Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (ALLAH), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan". (QS. Al-Jumu'ah 8-62 ) 


Nasehat Kedua 

➡ Cintailah siapa yang kamu suka, karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya!"

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, 
"Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanya permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani, kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada adzab yang keras dan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kemudian dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu". (QS. Al-Hadid 57 : 20 )

Allah Subhanahu Wa 'Ta'ala berfirman, 
"Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi shalih lebih baik pahalanya di sisi Rabb-mu serta lebih baik untuk menjadi harapan ". (QS. Al-Kahfi 18-46 )


Nasehat Ketiga 

➡ Berbuatlah sesukamu karena sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya !"

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, 
"Berbuatlah apa yang kamu kehendaki ;sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan ".(QS. Al-Fushillat 40-41 )


Nasehat Keempat 

➡ Kemuliaan seorang mukmin adalah berdirinya dia pada malam hari (untuk shalat malam)!"

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, 
"Dan pada sebagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Rabb-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji ". (QS. Al-Isra' 17 :79 )


Nasehat Kelima 

➡ Keperkasaannya adalah ketidakbutuhannya terhadap manusia!"

Abu Abbas Sahl bin As_Sa'idi radhiyallahu 'anhu berkata, "Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata, "Wahai Rasulullah, tunjukkan padaku suatu amalan yang apabila kulakukan aku akan dicintai ALLAH dan dicintai manusia". 
Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda, "Zuhudlah terhadap dunia, pasti ALLAH mencintaimu, dan zuhudlah terhadap apa yang di tangan manusia, pasti manusia pun mencintaimu ". (HR. Ibn Majah)


Wallahu a'lam bishshawab... 

Sumber: G+ Putri Sulung




0 Response to "Lima Nasehat Malaikat Jibril untuk Rasulullah dan Ummatnya "

Post a Comment