Kingdom Protista


Perbedaan penting antara kelompok Monera dan kelompok Protista adalah dalam hal membran inti. Seperti yang telah dijelaskan, Monera tidak memiliki membran inti. Adapun kelompok Protista selnya memiliki membran inti. Kelompok Protista ada yang bersel satu, ada juga yang bersel banyak. Anggota kelompok Protista sangatlah beragam sifatnya, ada yang memiliki sifat-sifat tumbuhan (mampu banyak, berfotosintesis), seperti alga. Ada juga Prostisda yang memiliki sifat-sifat hewan (memakan hewan lain), seperti protozoa.


Makhluk hidup kelompok Protista juga banyak berhubungan dengan kehidupan manusia, baik yang menguntungkan maupun yang merugikan. Fitoplankton merupakan sumber makanan bagi ikan-ikan kecil dan juga merupakan produsen oksigen yang sangat besar. 

Salah satu jenis Protista yang merugikan adalah Plasmodium. Plasmodium merupakan penyebab penyakit malaria. Seseorang yang terserang Plasmodium, sel-sel darahnya akan banyak yang hancur dan mengalami demam yang tinggi. Plasmodium ini ditularkan dari satu orang ke orang lain oleh nyamuk Anopheles.






0 Response to " Kingdom Protista"

Post a Comment