Kingdom Monera


Makhluk hidup yang termasuk kelompok ini berukuran sangat kecil sehingga hanya dapat dilihat menggunakanmikroskop. Ukurannya berkisar antara 1–10 μm (mikrometer). Perlu kamu ketahui, 1 μm = 1/1000 mm (milimeter). Oleh karena itu, untuk melihat makhluk hidup yang termasuk kelompok Monera diperlukan mikroskop yang memiliki pembesaran lebih dari 1.000 kali.


Ciri utama makhluk hidup yang termasuk kelompok Monera adalah tidak adanya membran inti (prokariotik). Bahan inti terdapat dalam sel tanpa membran yang membungkusnya. Satu individu monera tersusun oleh satu sel. Bakteri dan ganggang hijau-biru (Cyanobacteria) merupakan makhluk hidup yang termasuk kelompok Monera.

Pernahkah kamu mendengar kata bakteri? Walaupun kamu mungkin belum pernah melihatnya, namun bakteri banyak sekali di sekeliling kamu, bahkan di dalam tubuhmu. Di dalam usus besar kita hidup jutaan bakteri Escherichia coli yang berjasa untuk melakukan pembusukan. Sebagian besar bakteri memang menimbulkan penyakit dan merugikan manusia, namun banyak juga bakteri yang bermanfaat bagi manusia.

Beberapa jenis bakteri memang berbahaya dan merugikan manusia karena dapat menyebabkan penyakit. Contohnya, Salmonella typhi (penyebab sakit tifus), Clostridium tetani (penyebab penyakit tetanus), dan Bacillu anthracis (penyebab penyakit antraks). Beberapa bakteri juga menyebabkan makanan menjadi busuk dan beracun, misalnya Clostridium botulinum.

Bakteri yang bermanfaat, misalnya Lactobacillus dan Streptococcus (dimanfaatkan dalam pembuatan yoghurt dan keju), Acetobacter xylinum (dimanfaatkan dalam pembuatan nata de coco), dan Methanobacterium (dimanfaatkan dalam pembuatan biogas). Selain beberapa contoh tersebut, sesungguhnya banyak sekali bakteri yang berjasa dalam penguraian sampah sehingga bermanfaat bagi kesuburan tanah. 

Anggota dari kingdom Monera yang lainnya adalah ganggang hijau-biru (Cyanobacteria). Ganggang hijau-biru telah memiliki klorofil sehingga mampu membuat makanan melalui proses fotosintesis. Sama halnya dengan bakteri, ganggang hijau-biru belum memiliki membran inti sel. Contoh ganggang hijau-biru, antara lain Spirulina dan Anabaena azolla. Spirulina memiliki kadar protein yang sangat tinggi dan dapat meningkatkan kesuburan tanah karena mampu mengikat nitrogen bebas dari udara.



0 Response to "Kingdom Monera"

Post a Comment