Sembilan Manfaat Timun

Sudah Tahu Manfaat Timun?

1. Membantu menjaga kesehatan otak
Dengan kandungan zat flavanol atau fisetin, timun memberikan manfaat bagi kesehatan otak, yaitu bisa membantu meningkatkan memori dan melindungi sel saraf serta menghindari risiko penurunan fungsi otak karena usia.



2. Menyeimbangkan asupan air dalam tubuh
Memiliki sekitar 96 % air, timun sangat baik untuk menjaga kebutuhan air bagi tubuh. Dengan mengonsumsi timun, tubuh dapat memenuhi kebutuhan air harian dengan mudah. Dan tidak hanya itu, lho. Timun juga membantu menetralisir racun di dalam tubuh Anda.

3. Membantu menjaga kesehatan jantung
Nah, manfaat lain dari timun untuk kesehatan adalah karena tingginya kandungan kalium dalam timun, ditambah dengan magnesium dan serat, sayuran ini sangat baik dikonsumsi. Timun dapat membantu menjaga keseimbangan tekanan darah. Pastikan Anda mencuci bersih timun sebelum mengonsumsinya

4. Menjaga keseimbangan berat badan
Tubuh bisa merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama saat mengonsumsi timun. Hal ini dikarenakan di dalam timun terkandung sangat sedikit kalori, yaitu 16 kalori. Sementara itu kandungan serat larut di dalam timun dapat membantu melancarkan pencernaan.

5. Membantu kesehatan gigi serta area mulut
Untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan area mulut, tak perlu menggunakan obat kumur atau benang floss, kok. Cukup dengan mengunyah timun secara rutin saja. Manfaat timun yang satu ini bisa membantu menjaga kesehatan gigi serta area mulut.

6. Mendukung kesehatan sistem pencernaan
Air dan serat adalah kandungan yang paling penting dan paling dibutuhkan tubuh. Dan keduanya dapat ditemukan dalam timun. Denan tingginya serat serta air, bisa membantu membersihkan usus dari racun. Dengan begitu, Anda terbebas dari masalah buang air besar.

7. Membantu melawan pertumbuhan sel kanker
Timun kaya akan kandungan lariciresinol, pinoresinol dan secoisolariciresinol, di mana ketiganya turut ambil bagian dalam membantu melawan pertumbuhan sel di dalam tubuh. Mengonsumsi timun secara rutin terbukti menurunkan risiko beberapa jenis kanker. Padukan timun dengan sayuran segar lainnya yaa,,

8. Menyembuhkan diabetes dan mengurangi kolesterol
Jus timun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pancreas untuk memprosuksi insulin yang sangat bermanfaat bagi pasien diabetes. Dan menurut penelitian, senyawa sterol dalam timun juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

9. Mengurangi risiko penyakit nyeri persendian
Timun merupakan salah satu sayuran yang mengandung silica. Kandungan ini terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat. Selain itu, timun kaya akan Vitamin A, B1, B6, C dan D. Jus timun dan wortel mampu meringankan nyeri sendi. Dan ternyata timun yang selama ini banyak digunakan dalam produk perawatan kecantikan, juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.


Sumber: G+






0 Response to "Sembilan Manfaat Timun"

Post a Comment