Pendekatan dan Metode Pembelajaran


Pendekatan dan Metode Pembelajaran


Beberapa pendekatan pembelajaran yang bisa digunakan guru sebagai berikut:

  1. Pendekatan Konsep: Yaitu siswa dibimbing memahami suatu bahasan yang memahami konsep-konsep yang terkandung di dalamnya. 
  2. Pendekatan Lingkungan: Yaitu mengaitkan lingkungan dalam suatu proses belajar mengajar. 
  3. Pendekatan Inkuiri: Yaitu membelajarkan siswa untuk mengendalikan situasi yang dihadapi ketika berhubungan dengan dunia fisik, yaitu dengan menggunakan teknik yang digunakan oleh para ahli penelitian. 
  4. Pendekatan Proses: Yaitu mengembangkan kemampuan siswa dalam keterampilan proses atau langkah-langkah ilmiah seperti melakukan pengamatan, menafsirkan data, dan mengkomunikasikan hasil pengamatan. 
  5. Pendekatan Interaktif: Yaitu memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan pertanyaan untuk kemudian melakukan penyelidikan yang berkaitan dengan pertanyaan yang mereka ajukan. 
  6. Pendekatan Pemecahan Masalah: Yaitu berhubungan dengan masalah yang harus dipecahkan melalui praktikum atau pengamatan. 
  7. Pendekatan Sains Teknologi dan Masyarakat: Yaitu siswa tidak hanya mempelajari konsep-konsep sains, tetapi juga diperkenalkan pada aspek teknologi, dan bagaimana teknologi itu berperan di masyarakat. 
  8. Pendekatan Terpadu: Yaitu memadukan dua unsur atau lebih dalam suatu kegiatan pembelajaran.
Adapun beberapa metode pembelajaran yang bisa digunakan guru sebagai berikut:
  1. Metode Ceramah: Yaitu metode penyampaian bahan pelajaran secara lisan. 
  2. Metode Tanya Jawab: Yaitu metode bertanya jawab, dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan sudah direncanakan sebelumnya. 
  3. Metode Diskusi: Yaitu cara pembelajaran dengan memunculkan masalah, sehingga terjadi tukar-menukar gagasan atau pendapat untuk memperoleh kesamaan derajat. 
  4. Metode Kooperatif: Yaitu siswa berada dalam kelompok kecil dengan anggota sebanyak 4 sampai 5 orang. 
  5. Metode Demonstrasi: Yaitu cara penyajian pelajaran dengan memeragakan suatu proses kejadian, misalnya dalam pembelajaran tentang transportasi pada tumbuhan. 
  6. Metode Karyawisata atau Widyawisata: Yaitu cara penyajian dengan membawa siswa mempelajari materi pelajaran di luar kelas. 
  7. Metode Penugasan: Yaitu guru memberi tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. 
  8. Metode Eksperimen: Yaitu cara penyajian pelajaran dengan menggunakan percobaan. 
  9. Metode Bermain Peran: Yaitu pembelajaran dengan cara seolah-olah berada dalam suatu situasi untuk memperoleh suatu pemahaman tentang suatu konsep.

0 Response to "Pendekatan dan Metode Pembelajaran"

Post a Comment