Pengertian Globalisasi



Globalisasi berasal dari dua kata, yaitu globe dan isasi. Globe berarti dunia, sedangkan isasi berarti proses. Jadi, globalisasi adalah proses mendunia. Artinya, negara-negara di dunia ini seolah-olah menjadi satu. Batas antarnegara tidak ada lagi.


Globalisasi terjadi karena adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Dengan adanya kemajuan di bidang teknologi informasi, segala informasi dapat diketahui. Peristiwa di suatu negara bisa diketahui oleh masyarakat dari negara lain dalam waktu yang sangat cepat. Hal inilah yang dimaksud dengan batas-batas antarnegara seolah-olah tidak ada lagi. Batas geografis suatu negara tidak lagi menjadi penghalang. Terlebih untuk mengetahui informasi yang berkembang di negara tersebut.

Globalisasi dipengaruhi oleh perkembangan alat komunikasi dan transportasi. Perkembangan alat komunikasi, antara lain penggunaan satelit, telepon, komputer, dan internet. Alat komunikasi canggih memungkinkan seseorang berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Berkembangnya alat transportasi memungkinkan seseorang bepergian ke negara lain dengan mudah dan cepat. Bahkan, dengan perkembangan teknologi transportasi yang canggih manusia bisa mendarat di bulan.



0 Response to "Pengertian Globalisasi"

Post a Comment