Efek dari Kekaisaran Mongol di Rusia


Sejarah Rusia selalu menjadi salah satu yang relatif sedih dan penuh gejolak tanpa dengan perang, perebutan kekuasaan, dan perubahan mendadak. Perubahan ini sering paksa dorong grosir pada Rusia, daripada berkembang melalui bertahap, metode diukur seperti dalam sejarah sebagian besar masyarakat'. Dari waktu sebelumnya, di mana kita tahu Rusia sebagai 'Kievan Rus,' para pangeran dari berbagai kota (seperti Vladimir, Pskov, Suzdal, dan Kiev) terus berjuang dan bertengkar untuk kekuasaan dan kontrol dari kecil semi-negara bersatu. Di bawah pemerintahan St. Vladimir (980-1015) dan Yaroslav Bijaksana (1015-1054), negara Kievan berada pada titik tertinggi dan mencapai perdamaian relatif berbeda dengan tahun lalu. Namun, sejarah pergi, setelah para penguasa memerintah meninggal, perebutan kekuasaan pun terjadi dan perang sekali lagi menyala.



Itu mungkin keputusan Yaroslav Bijaksana sebelum kematiannya pada tahun 1054 untuk menetapkan princedoms untuk anak-anaknya yang mengatur masa depan Kievan Rusia selama dua ratus tahun ke depan. Menyusul keputusan ini, perang saudara antara berbagai anak dilanda banyak konfederasi Kievan, pengeringan itu sumber daya penting nanti akan membutuhkan. Sebagai pangeran tak henti-hentinya berjuang satu sama lain, konfederasi kota yang dikenal sebagai negara Kievan perlahan membusuk, menurun, dan kehilangan kejayaan. Lanjut melemah oleh serangan dari suku-suku padang rumput seperti Polovtsy (alias Cumans / Kumans atau Suku Kipchak) dan sebelumnya oleh Pecheneg, akhirnya negara Kievan sudah matang untuk pengambilalihan oleh penjajah lebih kuat dari tanah jauh.

Namun sebelum ini, Rus memiliki kesempatan untuk mengubah nasib mereka. Saat itu sekitar 1219 ketika Mongol pertama kali memasuki wilayah terdekat Kievan Rusia dalam sebuah langkah melawan Polovtsy, yang, pada gilirannya, meminta bantuan dari para pangeran Rus. Sebuah dewan pangeran diselenggarakan di Kiev untuk mempertimbangkan permintaan, tindakan yang khawatir Mongol. Menurut sumber-sumber sejarah, bangsa Mongol menyatakan bahwa mereka tidak menyerang kota atau orang-orang dari Rus juga menyerang tanah mereka. Mongol utusan meminta ketenangan para pangeran Rusia. Namun pangeran tidak percaya Mongol, mencurigai bahwa muka Mongol akan berlanjut ke Rus. 

Selanjutnya, utusan Mongol segera tewas dan kesempatan untuk perdamaian hancur di tangan para pangeran dari negara Kievan retak. Dalam dua puluh tahun, Batu Khan berbaris dari Mongolia dengan pasukan 200.000 orang. Satu per satu, kerajaan Rusia seperti Ryazan, Moskow, Vladimir, Suzdal, dan Rostov jatuh ke Batu dan pasukannya. Tentara dijarah dan dihancurkan kota-kota, membantai orang-orang, dan mengambil sebanyak tahanan dan budak. Mongol akhirnya ditangkap, dipecat, dan menghancurkan Kiev, pusat simbolis Kievan Rusia. Hanya terpencil kerajaan barat laut seperti Novgorod, Pskov, dan Smolensk selamat serangan gencar, meskipun ini kota akan bertahan penaklukan tidak langsung dan menjadi anak sungai dari Golden Horde. Mungkin keputusan oleh pangeran Rusia untuk berdamai bisa dihindari ini. Namun, itu tidak terjadi dan untuk salah perhitungan mereka, Rusia akan berubah untuk selamanya dalam hal agama, seni, bahasa, pemerintah, dan geografi politik.

Gereja Ortodoks
Dengan Mongol serangan awal, banyak gereja dan biara dijarah dan dihancurkan sementara penganut tak terhitung jumlahnya untuk gereja dan sejumlah pendeta dibunuh; mereka yang sering selamat ditawan dan diperbudak (Dmytryshyn, 121). Kejutan hanya dari kekuatan dan ukuran tentara Mongol itu menghancurkan. distress adalah seperti politik dan ekonomi di alam seperti itu sosial dan spiritual. Pasukan Mongol mengklaim bahwa mereka diutus oleh Allah, dan Rusia percaya bahwa Mongol memang dikirim oleh Tuhan sebagai hukuman karena dosa-dosa mereka. Gereja Ortodoks akan menjadi sebuah mercusuar yang kuat selama bertahun-tahun "gelap" dari penaklukan Mongol. Orang-orang Rusia pada akhirnya akan berpaling ke dalam, mencari hiburan dalam iman mereka dan mencari untuk Gereja Ortodoks untuk bimbingan dan dukungan. Shock yang ditaklukkan oleh padang rumput ini orang akan menanam bibit monastisisme Rusia, yang pada gilirannya akan memainkan peran utama dalam konversi orang seperti suku Finno-Ugria dan Zyrianians (sekarang dikenal sebagai Komi), serta sebagai kolonisasi wilayah utara Rusia (Vernadsky, 379).

Penghinaan yang diderita oleh para pangeran dan majelis kota disebabkan fragmentasi otoritas politik mereka. ini kehilangan kesatuan politik diperbolehkan Gereja meningkat sebagai perwujudan dari kedua identitas keagamaan dan nasional saat mengisi kesenjangan identitas politik hilang (Riasanovsky, 57). Konsep hukum yang unik dari iarlyk (diucapkan 'yarlīgh'), atau piagam kekebalan, juga memberikan kontribusi terhadap penguatan Gereja. Dengan pemerintahan Monke-Temur, sebuah iarlyk dikeluarkan untuk Metropolitan Kirill untuk Gereja Ortodoks pada tahun 1267. Sementara gereja telah berada di bawah perlindungan de facto dari Mongol sepuluh tahun sebelumnya (dari 1257 sensus dilakukan di bawah Khan Berke), ini iarlyk secara resmi menetapkan perlindungan bagi Gereja Ortodoks . Lebih penting lagi, itu resmi dibebaskan gereja dari segala bentuk pajak oleh Mongol atau otoritas Rusia (Ostrowski, 19). Dan diizinkan bahwa pendeta tidak terdaftar selama sensus dan bahwa mereka selanjutnya tidak bertanggung jawab untuk kerja paksa atau wajib militer (Hosking, 57).

Seperti yang diharapkan, hasil dari iarlyk dikeluarkan untuk Gereja Ortodoks sangat mendalam. Untuk pertama kalinya, gereja akan menjadi kurang bergantung pada kekuatan pangeran daripada di periode lain dari sejarah Rusia. Gereja Ortodoks mampu memperoleh dan mengkonsolidasikan tanah pada tingkat yang cukup, salah satu yang akan menempatkan gereja dalam posisi yang sangat kuat di abad-abad berikutnya pengambilalihan Mongol. Piagam kekebalan tegas melarang kedua Mongol dan agen pajak Rusia dari merebut tanah gereja atau menuntut setiap layanan dari Gereja Ortodoks. Hal ini ditegakkan oleh hukuman sederhana - mati (Vernadsky, 377).

Alasan lain yang menonjol gereja berkembang begitu cepat diletakkan dalam misinya - untuk menyebarkan agama Kristen dan mengkonversi mereka masih berlatih paganisme di pedesaan. Untuk memperkuat struktur internal Gereja Ortodoks, metropolitan bepergian secara luas di seluruh negeri untuk meringankan kekurangan administrasi dan mengawasi kegiatan para uskup dan imam. Selain itu, keamanan relatif (ekonomi, militer, dan spiritual) pertapaan sekitarnya terpikat petani dari pedesaan. Karena ini pembangunan perkotaan meningkat dalam pinggiran properti gereja dihancurkan suasana damai pertapaan awalnya didirikan untuk memberikan, anggota biara akan bergerak lebih jauh ke padang gurun untuk membangun padepokan baru, mulai proses baru. Sistem ini pendiri pemukiman agama terus untuk beberapa waktu dan memberikan kontribusi terhadap pembesaran Gereja Ortodoks (Vernadsky, 377-8).

Salah satu perubahan penting terakhir yang terjadi adalah lokasi pusat Gereja Ortodoks. Sebelum Mongol menginvasi tanah Rusia, Kiev merupakan pusat gerejawi. Setelah kehancuran Kiev, Tahta Suci pindah ke Vladimir tahun 1299, dan akhirnya ke Moskow pada 1322 (Hosking, 72), membantu untuk meningkatkan pentingnya Moskow secara signifikan.

Seni
Sementara seni di Rusia pertama menderita deportasi massal dari seniman, kebangkitan biara dan fokus perhatian yang berbalik ke Gereja Ortodoks menyebabkan kebangkitan artistik. Apa didefinisikan Rusia - pada saat penting ini ketika mereka tanpa negara - adalah mereka Kristen dan kemampuan untuk mengekspresikan keyakinan yang taat mereka. Selama waktu ini Troubles, seniman besar seperti Theophanes Yunani dan Rublev datang ke dalam bermain (figes, 299-300).

Ia selama paruh kedua aturan Mongol di abad pertengahan keempat belas yang ikonografi Rusia dan lukisan fresco mulai sekali lagi untuk berkembang. Theophanes Yunani tiba di tahun 1300-an. Dia dihiasi dan bekerja di berbagai gereja di seluruh negeri, terutama di Novgorod dan Nizhniy Novgorod. Di Moskow, ia melukis ikonostasis untuk Gereja Annunciation serta bekerja di Gereja Archangel Michael (Martin, 233). Beberapa dekade setelah kedatangan Theophanes ', Rublev akan menjadi salah satu siswa yang paling calon dan penting nya. Ikonografi datang ke Rusia dari Byzantium pada abad kesepuluh, namun invasi Mongol di abad ketiga belas memotong Rusia off dari Byzantium.

Bahasa
Sementara efek linguistik mungkin tampak pada sepele, dampak tersebut pertama pada bahasa membantu kita untuk menentukan dan memahami sejauh mana satu kerajaan memiliki orang-orang lain atau sekelompok orang - dalam hal administrasi, militer, perdagangan - serta sejauh mana geografis dampak disertakan. Memang, dampak linguistik dan bahkan sosio-linguistik yang besar, seperti Rusia meminjam ribuan kata-kata, frasa, fitur linguistik penting lainnya dari Mongol dan bahasa Turki yang bersatu di bawah Kekaisaran Mongol (Dmytryshyn, 123). Di bawah ini adalah beberapa contoh dari beberapa yang masih digunakan. Semua datang dari berbagai bagian dari Horde.

gudang ambar    lumbung
bazaar bazar bazaar
uang den'gi uang
loshad kuda kuda
Dada sunduk truk, dada
adat istiadat Tamozhnya
Salah satu fitur sehari-hari yang sangat penting dari bahasa Rusia asal Turki adalah penggunaan kata datang yang menyatakan gagasan 'Mari kita ...' atau 'Ayo, mari kita ...' (figes, 370-1). Di bawah ini adalah beberapa contoh umum masih ditemukan biasanya dalam bahasa Rusia.

Biarkan teh popem. Davai chai popem. "Mari kita minum teh."
Mari kita minum! Davai vypem! 'Ayo, mari kita mabuk!'
Mari kita pergi! Davai poidyom! 'Ayo, mari kita pergi!'
Selain itu, ada puluhan nama-nama tempat Tatar / asal Turki di Rusia selatan dan tanah dari Sungai Volga yang menonjol pada peta dari daerah-daerah tersebut. Nama-nama kota seperti Penza, Alatyr, dan Kazan dan nama-nama daerah seperti Chuvashia dan Bashkortostan adalah contoh.

Administrasi dan Lembaga

Gambar totalitarianisme muncul di pikiran ketika salah satu pada awalnya merenungkan apa yang Rusia: dari zaman saat ini presiden Vladimir Putin, ketika Uni Soviet masih sebuah bangsa, dan bahkan sebelum ke Imperial Rusia. Namun, dalam Kievan Rus, bentuk demokrasi memang ada. Terdiri dari semua warga negara laki-laki bebas, veche ( Veche) adalah majelis kota yang bertemu untuk membahas masalah-masalah seperti perang dan perdamaian, hukum, dan undangan atau pengusiran pangeran ke veche 's kota masing; seluruh kota di Kievan Rusia memiliki veche sebuah . Itu dasarnya forum untuk urusan sipil untuk membahas dan menyelesaikan masalah. Namun, institusi demokrasi ini menderita pembatasan parah di bawah Mongol.

Sejauh ini yang paling berpengaruh dari majelis berada di Novgorod dan Kiev. Dalam Novgorod, lonceng veche khusus ( di kota-kota lain, lonceng gereja yang biasa digunakan untuk tujuan ini) diciptakan untuk memanggil warga kota bersama-sama untuk perakitan, dan dalam teori, orang bisa cincin itu. Di masa setelah Mongol menaklukkan mayoritas Kievan Rusia, veche s berhenti untuk ada di semua kota kecuali Novgorod, Pskov, dan lain-lain di daerah barat laut. Veches di kota-kota terus berfungsi dan berkembang sampai Moskow sendiri ditundukkan mereka pada akhir abad kelima belas. Namun, saat ini semangat veche sebagai forum publik telah dihidupkan kembali di beberapa kota di Rusia, termasuk khususnya Novgorod.

Penting untuk tuan Mongol adalah sensus tabulasi, yang memungkinkan untuk pengumpulan pajak. Untuk mendukung sensus, Mongol memberlakukan sistem dual khusus pemerintahan daerah yang dipimpin oleh gubernur militer, basqaqi ( baskaks), dan / atau gubernur sipil, yang darugi ( darugy). Pada dasarnya, basqaqi diberi tanggung jawab mengarahkan kegiatan penguasa di daerah yang resisten atau menantang otoritas Mongol. The darugi yang gubernur sipil yang mengawasi mereka daerah kekaisaran yang disampaikan tanpa perlawanan atau yang dianggap sudah ditenangkan ke pasukan Mongol (Ostrowski, 273). Namun, kantor basqaqi dan darugi itu, sambil sesekali tumpang tindih dalam kewenangan dan tujuan tidak harus selalu memerintah pada waktu yang sama.

Seperti yang kita tahu dari sejarah, para pangeran penguasa Kievan Rusia tidak mempercayai duta Mongolia yang datang untuk membahas perdamaian dengan mereka pada awal 1200-an; pangeran sayangnya menempatkan duta dari Genghis Khan untuk pedang dan tak lama membayar mahal. Dengan demikian, pada abad ketiga belas basqaqi ditempatkan di tanah yang ditaklukkan untuk menundukkan orang-orang dan mengotorisasi bahkan kegiatan sehari-hari dari para pangeran. Selanjutnya, selain memastikan para sensus, basqaqi yang mengawasi pengerahan penduduk setempat (Martin, 150).  

Ada sumber dan penelitian menunjukkan bahwa basqaqi yang sebagian besar telah menghilang dari Rus 'tanah oleh pertengahan abad keempat belas, sebagai Rus lebih atau kurang menerima tuan Mongol. Sebagai basqaqi kiri, darugi diganti mereka berkuasa. Namun, tidak seperti basqaqi itu, yang darugi tidak berbasis di batas-batas dari tanah dari Rus; pada kenyataannya, mereka ditempatkan di Sarai, ibukota lama Golden Horde yang terletak tidak jauh dari masa kini Volgograd. darugi yang berfungsi terutama sebagai ahli di tanah Rus 'dan menyarankan khan sesuai. Sementara tanggung jawab mengumpulkan dan memberikan penghormatan dan wajib militer telah milik basqaqi, dengan transisi dari basqaqi untuk darugi tugas ini kita benar-benar ditransfer ke pangeran sendiri ketika khan melihat bahwa pangeran bisa menyelesaikan tugas-tugas seperti (Martin, 151) .

Sensus pertama diambil oleh Mongol terjadi pada 1257, hanya tujuh belas tahun setelah penaklukan mereka dari tanah Rus '. Populasi dibagi menjadi kelipatan sepuluh, sistem yang telah digunakan oleh orang Cina dan kemudian diadopsi oleh Mongol yang diperpanjang penggunaannya lebih keseluruhan kerajaan mereka; sensus menjabat sebagai tujuan utama untuk wajib militer serta untuk perpajakan. Praktek ini dilakukan oleh Moskow setelah berhenti mengakui Horde di 1480. Praktek terpesona pengunjung asing ke Rusia, kepada siapa sensus skala besar yang masih belum diketahui. Salah satu pengunjung tersebut, Sigismund von Herberstein dari Hapsburg membuat catatan dari fakta bahwa setiap dua atau tiga tahun, sang pangeran dilakukan sensus di seluruh tanah (Wittfogel, 638). Sensus taking tidak akan menyebar luas di Eropa sampai awal abad ke-19. Salah satu pengamatan penting yang kita harus membuat adalah bahwa sejauh mana Rusia sehingga benar-benar dilakukan sensus tidak dicapai di tempat lain di Eropa selama 120 tahun atau lebih, selama Age of absolutisme. Dampak dari Kekaisaran Mongol setidaknya di daerah ini jelas mendalam dan efektif dan membantu untuk menciptakan pemerintahan pusat yang kuat untuk Rusia.

Salah satu institusi penting bahwa basqaqi mengawasi dan dipertahankan adalah ubi (sistem pos), yang dibangun untuk menyediakan makanan, tempat tidur, kuda, dan baik pelatih atau kereta, menurut musim (Hosking, 89). Pada awalnya dibangun oleh bangsa Mongol, yang yam diperbolehkan gerakan yang relatif cepat komunike penting antara khan dan pemimpin lokal mereka, serta metode cepat pengiriman utusan, lokal atau asing, antara berbagai kerajaan di seluruh luas kekaisaran. Masing-masing pos memiliki kuda siap untuk digunakan oleh orang yang berwenang serta untuk menggantikan kuda lelah untuk perjalanan terutama panjang. Masing-masing pos biasanya terletak sekitar satu hari perjalanan dari pos terdekat. Orang-orang lokal diwajibkan untuk mempertahankan pos, untuk memberi makan kuda, dan untuk memenuhi kebutuhan utusan perjalanan melalui pos mereka.

Sistem ini cukup efisien. Laporan lain oleh utusan Sigismund von Herberstein dari Hapsburg menyatakan bahwa sistem yam memungkinkan dia untuk melakukan perjalanan 500 kilometer (dari Novgorod ke Moskow) dalam waktu 72 jam - jauh lebih cepat daripada di tempat di Eropa (Wittfogel, 639-40). Sistem yam membantu Mongol untuk mempertahankan kontrol ketat atas kerajaan mereka. Selama tahun-tahun senja dari Mongol ini terus di Rusia pada akhir abad kelima belas, Pangeran Ivan III memutuskan untuk melanjutkan penggunaan gagasan sistem ubi dalam rangka untuk menjaga sistem yang mapan komunikasi dan intelijen. Namun, gagasan tentang sistem pos seperti yang kita kenal sekarang akan tidak datang menjadi ada sampai setelah kematian Peter Agung di awal 1700-an.

Beberapa lembaga seperti dibawa ke Rusia oleh Mongol berubah untuk memenuhi kebutuhan Rusia dari waktu ke waktu dan berlangsung selama berabad-abad setelah Golden Horde. Ini sangat ditambah pengembangan dan perluasan birokrasi rumit nanti, kekaisaran Rusia.

The Rise of Moscow

Didirikan pada 1147, Moskow tetap menjadi kota penting selama lebih dari seratus tahun. Pada saat itu, lokasi berbaring di persimpangan tiga jalan utama, salah satunya terhubung Moskow ke Kiev. Geografis lokasi Moscow membutuhkan perhatian, seperti duduk di sebuah tikungan Sungai Moskow, yang menghubungkan ke Oka dan Volga River. Melalui Sungai Volga, yang memungkinkan akses ke Dniepr dan Don Rivers, serta Hitam dan Laut Kaspia, peluang besar untuk perdagangan dan perdagangan dengan negeri-negeri jauh selalu ada. Dengan serangan Mongol, berbondong-bondong pengungsi mulai berdatangan dari bagian selatan hancur dari Rus, yaitu Kiev (Riasanovsky, 109). Selain itu, tindakan pangeran Moskow mendukung dengan Mongol membantu kenaikan Moskow sebagai pusat kekuasaan.

Mengarah ke titik bahwa Mongol diberikan Moskow iarlyk itu, Tver dan Moskow terus-menerus berjuang untuk kekuasaan. Titik balik besar muncul di 1327 ketika rakyat dari Tver mulai bangkit dalam pemberontakan. Melihat ini sebagai kesempatan untuk menyenangkan khan dari tuan Mongol, Pangeran Ivan I Moskow mengambil Tatar besar kontingen dan membatalkan pemberontakan di Tver, sehingga memulihkan ketertiban di kota itu dan memenangkan mendukung khan. Untuk acaranya loyalitas, Ivan Saya juga diberikan iarlyk dan dengan Moskow ini mengambil langkah lain menuju menonjol dan kekuasaan. Segera para pangeran dari Moskow mengambil alih tanggung jawab mengumpulkan pajak di seluruh negeri (dan dalam melakukannya, mengambil bagian dari pajak ini untuk diri mereka sendiri) dan akhirnya Mongol memberi tanggung jawab ini semata-mata untuk Moskow dan mengakhiri praktik pengiriman pemungut pajak mereka sendiri. Namun Ivan aku lebih dari seorang politisi yang cerdas dan bendahara dari penilaian yang baik: ia mungkin pangeran pertama untuk menggantikan garis lateral tradisional suksesi dengan garis vertikal (meskipun ini tidak akan sepenuhnya tercapai sampai masa pemerintahan kedua Pangeran Vasilii di pertengahan -1400s (Hosking, 71-2)). Perubahan ini membawa stabilitas ke Moskow dan dengan demikian memperkuat posisinya dalam kerajaan. Sebagai Moskow tumbuh wealtheir melalui menjadi pemungut pajak utama dari tanah, kewenangannya selama beberapa kerajaan menjadi lebih besar dan lebih konsolidasi. Tanah yang Moscow memperoleh disamakan dengan lebih pajak dan lebih banyak akses ke sumber daya, dan kekuasaan sehingga lebih.

Selama waktu itu Moskow tumbuh wealtheir dan lebih kuat, Golden Horde adalah dalam keadaan membusuk umum, tempa dengan pemberontakan dan kudeta. Pangeran Dmitrii memutuskan untuk menyerang khanat Kazan di 1376 dan berhasil. Tidak lama setelah itu, salah satu jenderal Mongol, Mamai, berusaha untuk membuat gerombolan sendiri macam di stepa barat dari Volga River (Hosking, 79) dan dia memutuskan untuk menantang otoritas Pangeran Dmitrii di tepi Sungai Vokha ; Dmitrii mengalahkan Mamai, menarik Moskow dan, secara alami, kemarahan Mongol. Namun, Mamai memilih untuk bertarung lagi dan terorganisir kontingen 150.000 orang; Dmitrii cocok nomor ini dan dua tentara mereka bertemu di dekat Sungai Don di Kulikovo Pole (Kulikovo Field) pada awal September 1380 (Dmytryshyn, 140). Tentara Dmitrii, meskipun menderita kerugian sekitar 100.000 orang, mengalahkan Mamai; Tokhtamysh, salah satu jenderal Tamerlane, segera ditangkap dan dieksekusi umum. Pangeran Dmitrii dikenal sebagai Dmitrii Donskoi ( dari Don). Namun, Moskow segera dipecat oleh Tokhtamysh, dan sekali lagi harus membayar upeti kepada Mongol.

Namun pertempuran besar Kulikovo Pole pada tahun 1380 adalah titik balik simbolik. Meskipun Moskow menderita retribusi untuk menyerang tentara Mongol, kekuatan bahwa Moskow dilas akan terus tumbuh dan pengaruhnya atas kerajaan Rusia lainnya akan terus berkembang. Novgorod akhirnya menyerah pada modal masa depan di 1478, dan Moskow segera menumpahkan kesetiaan apapun ke Mongol dan Tatar tuan demikian mengakhiri lebih dari 250 tahun kontrol Mongol.

kesimpulan
Sebagai bukti berdiri, efek dari invasi Mongol banyak, tersebar di aspek politik, sosial, dan agama dari Rusia. Sementara beberapa dari efek-efek, seperti pertumbuhan Gereja Ortodoks umumnya memiliki efek yang relatif positif pada tanah dari Rus, hasil lainnya, seperti hilangnya sistem veche dan sentralisasi kekuasaan membantu dalam menghentikan penyebaran demokrasi tradisional dan pemerintahan sendiri untuk berbagai kerajaan. Dari pengaruh pada bahasa dan bentuk pemerintahan, dampak yang sangat invasi Mongol masih terlihat hari ini. Mungkin diberi kesempatan untuk mengalami Renaissance, seperti yang dilakukan budaya Eropa barat lainnya, pemikiran politik, agama, dan sosial dari Rusia akan sangat berbeda dari yang dari realitas hari ini. Rusia, melalui kontrol dari Mongol yang telah mengadopsi banyak ide dari pemerintah dan ekonomi dari China, menjadi mungkin bangsa yang lebih Asiatic dalam hal pemerintahan, sedangkan akar Kristen yang mendalam dari Rusia didirikan dan membantu mempertahankan hubungan dengan Eropa. Itu invasi Mongol yang, mungkin lebih dari peristiwa sejarah lainnya, membantu untuk menentukan arah pembangunan yang budaya Rusia, geografi politik, sejarah, dan identitas nasional akan mengambil.


Sumber: http://www.sras.org/the_effects_of_the_mongol_empire_on_russia



0 Response to "Efek dari Kekaisaran Mongol di Rusia"

Post a Comment