Akibat Berbuat Riya’


Sesungguhnya orang yang pertama kali diadili pada hari kiamat ialah seseorang yang mati syahid, dia akan dihadapkan kepada Allah. Maka Allah memperlihatkan kenikmatan-Nya dan ia pun mengenal kenikmatan itu, Allah bertanya, “Karena apa engkau berbuat demikian?” Dia menjawab, “Aku berperang karena Engkau, hingga aku  mati  syahid.”  Allah  berfirman,  “Kamu  dusta!  Kamu berperang  karena ingin disebut pahlawan!” Maka Allah memerintahkan malaikat untuk menyeret orang itu dan mencampakkannya ke dalam neraka.


Setelah itu, seseorang yang belajar dan mengajar ilmu agama dan yang suka membaca  Al-Qur’an dihadapkan  kepada  Allah.  Maka  Allah  memperlihatkan kenikmatan-Nya dan ia pun mengenal kenikmatan itu. Lalu Allah bertanya, “Karena apa  engkau  berbuat  demikian?”  Dia menjawab,“Aku belajar  dan  mengajar ilmu dan  membaca  Al-Qur’an  karena  Engkau.”  Allah  berfirman, “Kamu dusta! Kamu belajar dan mengajar supaya disebut ulama, dan kamu membaca Al-Qur’an supaya disebut Qari!” Maka Allah memerintahkan malaikat untuk menyeret orang itu dan mencampakkannya ke dalam neraka. 

Kemudian  seorang  kaya  raya  dihadapkan  kepada  Allah.  Maka  Allah memperlihatkan kenikmatan-Nya dan ia pun mengenal kenikmatan itu. Lalu Allah bertanya,  “Karena  apa  engkau berbuat  demikian?”  Dia  menjawab,  “Aku  tidak membiarkan  satu  jalanpun  yang  patut  diberi infaq,  kecuali  jika  infaqkan hartaku untuknya karena Engkau.” Allah berfirman, “Kamu dusta!” Kamu berbuat demikian supaya disebut dermawan!” Maka Allah memerintahkan malaikat untuk menyeret orang itu dan mencampakkannya ke dalam neraka.


0 Response to "Akibat Berbuat Riya’"

Post a Comment