Nama-nama Rasul Allah swt


Rasul adalah seorang laki-laki merdeka (bukan budak) yang diberi wahyu oleh Allah swt untuk menyampaikan kepada umatnya (manusia). Kalau tidak diwajibkan menyampaikan risalah agama kepada umatnya, ia adalah nabi. Jadi seorang rasul itu pasti nabi, sedangkan nabi belum tentu rasul. Perbedaan nabi dan rasul adalah kalau nabi diberi wahyu oleh Allah tidak wajib disampaikan kepada umatnya atau untuk diri sendiri. Sedangkan rasul mendapatkan wahyu dari Allah wajib disampaikan kepada umatnya. Umat yang taat kepada rasul akan selamat hidupnya baik di dunia maupun di akhirat.

Jumlah nabi dan rasul sebenarnya banyak sekali, menurut ulama, jumlah nabi dan rasul yang diutus sekitar 124.000 orang, di antaranya 315 orang yang bertugas sebagai rasul. Dari semua nabi dan rasul yang diutus, ada yang dikisahkan dalam Al-Qur’an dan ada pula yang tidak diceritakan dalam Al-Qur’an. Akan tetapi yang wajib diketahui oleh umat Islam sebanyak 25 orang. Nama-nama mereka tercantum dalam Al-Qur’an. Mereka adalah sebagai berikut:
1.   Nabi Adam as
2.   Nabi Idris as
3.   Nabi Nuh as
4.   Nabi Hud as
5.   Nabi Saleh as
6.   Nabi Ibrahim as
7.   Nabi Lut as
8.   Nabi Ismail as
9.   Nabi Ishak as
10.  Nabi Yakub as
11.  Nabi Yusuf as
12.  Nabi Ayyub as
13.  Nabi Zulkifli as
14.  Nabi Syu’aib as
15.  Nabi Musa as
16.  Nabi Harun as
17.  Nabi Daud as
18.  Nabi Sulaiman as
19.  Nabi Ilyas as
20.  Nabi Ilyasa as
21.  Nabi Yunus as
22.  Nabi Zakaria as
23.  Nabi Yahya as
24.  Nabi Isa as
25.  Nabi Muhammad saw

Rasul Ulul Azmi artinya pemilik keutamaan. Maksudnya adalah seorang rasul yang mempunyai ketabahan dan kesabaran yang luar biasa dalam menghadapi tantangan dalam rangka menyampaikan risalah agama yang diamanatkannya. Di antara 25 nabi dan rasul tersebut, terdapat nabi dan rasul yang mendapat sebutan ulul azmi dan diberi mukjizat oleh Allah. Jumlah nabi dan rasul yang mendapat gelar ulul azmi ada 5, yaitu: Nabi Nuh as, Nabi Ibrahim as, Nabi Musa as, Nabi Isa as dan Nabi Muhammad saw.
1. Nabi Nuh as 
Nabi Nuh as beratus-ratus tahun lamanya mengajak umatnya  untuk  beriman kepada  Allah  swt. Tetapi  sedikit  sekali  yang  mau  beriman  kepada Allah.  Nabi Nuh  as  amat  sabar  menjalankan tugas dakwah ini, meskipun hanya mendapatkan pengikut sedikit.

2.  Nabi Ibrahim as 
Nabi  Ibrahim  as  menentang  Raja  Namrud  yang menyembah berhala. Raja Namrud justru marah kepada Nabi Ibrahim as. Selanjutnya Nabi Ibrahim as  ramai-ramai  dibakar  oleh  Raja  Namrud  dan rakyatnya yang tidak beriman. Tetapi Allah swt menyelamatkan Nabi Ibrahim as dari kobaran api, bahkan api itu menjadi dingin baginya.

3.  Nabi Musa as  
Nabi  Musa  as  mengajak  Raja  Fir’aun  untuk beriman kepada Allah swt, tetapi menolaknya dan berusaha untuk membunuhnya.

4.  Nabi Isa as  
Nabi  Isa  as  mendapat  tantangan  dari  murid-muridnya  yang  membangkang. Pimpinan pemberontak  yang  bernama  Yudas  Iskariot dimiripkan  wajahnya seperti  Nabi  Isa  as  yang akhirnya ia disalib

5.  Nabi  Muhammad saw
Nabi  Muhammad  saw  berdakwah  kepada  kaum kafir  Quraisy  Mekah  untuk menyembah kepada Allah  swt.  Mereka  tidak  mau  menerima  seruan dakwah itu, dan  kemudian  mereka mengusirnya dari Mekah. Akhirnya beliau membangun sebuah kekuatan di Madinah.

Selain rasul ulul azmi juga ada rasul yang diberi mukjizat. Mukjizat ialah suatu kejadian luar biasa yang tidak dapat dicerna oleh akal, dan dapat ditangkap oleh pancaindera. Keberadaan mukjizat di kalangan nabi dan rasul berguna untuk membuktikan bahwa ia memang utusan Allah. Mukjizat tidak dapat ditirukan oleh orang lain. Adapun nabi dan rasul yang mempunyai mukjizat itu antara lain:
  1. Nabi  Nuh  as, dapat  membuat  perahu  dimana  saat  itu  orang  belum kenal perahu,  dan mendatangkan  air  bah  untuk  menghancurkan  kaumnya yang ingkar.
  2. Nabi  Hud  as, dapat  mendatangkan  siksa  berupa  air  dingin.  Juga  dapat mendatangkan angin kencang yang sangat dahsyat selama 8 hari 7 malam.
  3. Nabi Ibrahim as, tidak meninggal dunia waktu kecil dibuang di tengah hutan dan dapat bertahan tidak terbakar ketika dibakar oleh Raja Namrud.
  4. Nabi  Musa  as, dapat  membelah  laut  menjadi  jalan  raya,  tongkatnya dapat menjadi  ular  besar,  tongkatnya  dapat  memancarkan  12  mata  air, dan tongkatnya dapat mengeluarkan cahaya yang sangat putih.
  5. Nabi  Sulaiman  as, dapat  berbicara  dengan  binatang  dan  jin,  serta  dapat menaklukkan iblis dan jin
  6. Nabi Isa as, waktu masih bayi dapat berbicara. Dapat menyembuhkan sakit buta dan bule. Dapat menghidupkan orang mati atas izin Allah swt. Dapat menurunkan hidangan dari langit.
  7. Nabi  Saleh  as, dapat  mengeluarkan  unta  betina  dalam  batu  besar.  Unta mengeluarkan air susu yang tidak ada habis-habisnya.
  8. Nabi Luth as, dapat menurunkan hujan batu untuk mengazab kaumnya yang berbuat keji.
  9. Nabi  Yusuf  as, dapat  mentakwilkan  mimpi  raja  dan  dapat  mentakwilkan mimpi Nabi dan Malhab.
  10. Nabi Syu’aib as, mendatangkan gempa yang amat dahsyat dan mendatangkan angin panas.
  11. Nabi Daud as, dapat membuat baju dari besi dan suaranya sangat merdu.
  12. Nabi Yunus as, mampu hidup di dalam perut ikan paus.
  13. Nabi Muhammad saw,dapat naik ke Sidratul Muntaha, dapat memperbanyak makanan, Kitab Suci Al-Qur’an (sebagai mukjizat yang terbesar), Isra’ dan Miraj dalam satu malam dan masih  banyak lagi lainnya.

Membedakan Nabi dan Rasul
Kata nabi berasal dari Bahasa Arab nabayang artinya berita. Nabi adalah seorang pembawa berita. Yaitu seorang laki-laki merdeka (bukan budak) yang diberi wahyu dari Allah untuk dirinya sendiri. Menurut istilah, nabi ialah orang yang diberi wahyu oleh Allah berupa ajaran agama tertentu. Rasul berarti utusan. Maksudnya adalah seorang laki-laki merdeka yang diberi wahyu oleh Allah dan diperintahkan untuk menyampaikan wahyu yang telah diterimanya itu kepada umatnya (manusia).

Rasul itu pasti nabi, tetapi nabi belum tentu rasul. Semua rasul pasti laki-laki, karena  mempunyai beberapa  kelebihan  dibandingkan  perempuan.  Sedangkan perempuan banyak kelemahan dan halangannya. Rasul adalah pemimpin, kapan saja, dimana saja selalu siap untuk memimpin. Sebagai nabi  dan  rasul  wajib mempunyai  sifat-sifat  mulia  dan  mustahil bersifat dengan sifat-sifat tercela. Sifat-sifat mulia yang wajib dimiliki para rasul atau nabi itu adalah:
1.  Sidiq artinya benar
Maksudnya semua rasul Allah seorang yang pasti benar di dalam setiap ucapan dan perbuatannya. Baik yang berhubungan dengan Allah maupun berhubungan dengan umat-Nya. Sifat  mustahilnya adalah kazib artinya bohong. Apabila  ada  seorang rasul yang bohong, maka itu bukanlah rasul.

2.  Amanah artinya dapat  dipercaya.  
Seorang  rasul  harus  dapat  dipercaya  dalam setiap tindakannya, dan tidak mungkin seorang rasul memiliki sifat kebalikannya yaitu khianat, artinya menyelisihi janji. Jadi rasul Allah mustahil bersifat khianat. Sangat janggal jika ada seorang rasul yang menyelisihi janjinya.

3.  Tabliq artinya menyampaikan. 
Seorang rasul selalu menyampaikan apa yang telah diamanatkannya. Agar umat mengetahui benar-benar perintah itu dan tidak mungkin memiliki sifat-sifat kebalikannya, yaitu kitman, yang artinya menyembunyikan. Jadil mustahil rasul Allah bersifat kitman.

4.  Fatanah  artinya cerdas. 
Semua rasul mempunyai kecerdasan di dalam menentukan suatu perkara, sehingga apa yang dilakukan pasti membawa kebahagiaan bersama. Tidak mungkin seorang rasul Allah memiliki sifat kebalikannya yaitu baladah, yang artinya picik atau bodoh. Mustahil rasul Allah bersifat baladah yang artinya bodoh.


0 Response to "Nama-nama Rasul Allah swt"

Post a Comment