Belajar Sambil Bekerja


Kata kunci untuk berhasil dalam belajar adalah kemauan yang kuat serta kerja keras demi tercapainya cita-cita yang didambakan. Memupuk kemauan yang kuat adalah sesuatu hal yang sangat penting dan utama. Dorongan untuk belajar hendaknya datang dari lubuk hati sendiri, dengan harapan masa yang akan datang dapat hidup mandiri serta menjadi orang yang sukses.


Ada istilah yang sering disebut oleh orang tua ”Belajar di waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu, belajar di waktu tua bagaikan mengukir di atas air”. Kalau kita renungkan, kata-kata tadi mengatakan, bahwa belajar di waktu muda akan mudah berhasil, karena ingatan masih kuat, kemampuan untuk menerima pelajaran masih baik dibandingkan kalau sudah tua.

Dalam menempuh pendidikan atau belajar kesempatan setiap orang tidak sama, ada yang cukup biaya pendidikannya, tetapi ada juga sebagian orang yang sulit untuk biaya pendidikannya. Lalu bagaimana dengan kita yang kurang biaya dalam menempuh pendidikan? Sebaiknya tidak perlu putus asa dan meninggalkan bangku pendidikan. Tingkatkanlah semangat untuk tetap belajar, karena salah satu usaha untuk merubah tingkatan kehidupan adalah dengan pendidikan. Tentunya setiap kita ingin meningkat dari apa yang kita alami sebelumnya.

Usahakanlah dapat bekerja sambil belajar. Dengan bekerja, kita dapat menghasilkan dana yang dapat digunakan untuk membiayai pendidikan. Dengan keadaan seperti ini, seharusnya menambah semangat untuk lebih rajin belajar, melipatgandakan dari cara belajar orang lain.

Tidak sedikit orang-orang yang berhasil melalui liku-liku perjuangan yang panjang, karena dengan kesulitan itu sendiri menjadikan diri tegar untuk menghadapi sesuatu. Dulu sewaktu saya sekolah, ada teman yang di luar jam belajar berusaha sendiri dengan berjualan koran di terminal. Pada kenyataannya, sekolahnya berhasil tamat dengan baik dan mempunyai usaha sendiri yang dapat dibanggakan.

Generasi muda adalah kader pemimpin untuk masa depan. Dapat dibayangkan kalau generasi penerus bangsa ini tidak berpendidikan, maka kondisi bangsa kita akan tertinggal jauh dari bangsa-bangsa lain. Hendaklah kita bekerja keras untuk belajar dan memperoleh pendidikan setinggi-tingginya. Satu hal lagi harus kita sadari, hendaklah setiap usaha yang kita lakukan disertai dengan doa kepada Tuhan yang Mahakuasa agar diberi kemudahan dan keberhasilan.


0 Response to "Belajar Sambil Bekerja"

Post a Comment