Kepemimpinan Sahabat Rasulullah saw.


Kepemimpinan Abu Bakar
Abu Bakar adalah khalifah pertama setelah nabi Muhammad saw. wafat. Beliau  dilahirkan pada tahun 571 M. Nama lengkap beliau adalah Abdullah bin Abi  Khuafah at-Taimi. Gelar Abu Bakar diberikan oleh nabi Muhammad saw. Karena ia adalah paling cepat masuk Islam.  Sedangkan gelar  as-siddiq  diberikan  karena ia selalu membenarkan nabi  Muhammad saw. dalam berbagai  peristiwa, terutama membenarkan peristiwa Isra dan Mi’raj.



Abu Bakar memimpin dari tahun  632 M s/d 634 M. Abu Bakar senantiasa meneladani perilaku nabi Muhammad saw. Dalam menentukan keputusan, beliau selalu mengajak para sahabat untuk bermusyawarah. Beliau sangat  memperhatikan rakyatnya. Beliau selalu  membantu rakyat yang kekurangan. 

Pernah suatu ketika datang kepadanya seorang wanita kampung bernama Unaisar berkata: “Hai Abu Bakar, apakah  engkau masih dapat menolong kami memerah susu kambing seperti sebelum  menjadi khalifah?” Jawab Abu Bakar: “Insya Allah aku akan tetap bersedia  menolong kamu.” Meskipun Abu Bakar sudah menjadi pemimpin Negara, beliau  tidak sombong dan masih mau memerah susu untuk rakyatnya di kampung. Untuk kesejahteraan rakyatnya, beliau mendirikan Baitul Mal, yaitu suatu  lembaga yang mengurusi kas dan keuangan negara. 

Kepemimpinan Umar bin Khattab 
Umar bin Khattab adalah khalifah kedua setelah Abu Bakar. Umar bin Khattab  mempunyai nama lengkap Umar bin Abdul Uzza.  Umar bin Khattab menjadi  khalifah sejak tahun 634 M s/d 644 M.  Beliau seorang pemberani, jujur, adil, tegas, bijaksana dan bertanggung jawab  terhadap rakyatnya. Beliau juga seorang pemimpin yang hidup sederhana dan  suka bermusyawarah. Misalnya suatu ketika khalifah Umar bin Khattab menyuruh  anaknya untuk mematikan lampu di dalam ruangan (kantor khalifah), karena  lampu itu dibiayai oleh negara, sedangkan kedatangan anaknya untuk keperluan  pribadi keluarganya. Kalifah Umar bin Khattab tak mau menggunakan fasilitas  negara untuk kepentingan pribadi dan keluarganya, walaupun hanya sebatas  cahaya lampu.

Pada masa pemerintahannya, Umar bin Khattab dikenal sebagai pribadi yang  sederhana dan bertanggung jawab. Sebagai contoh sikap tanggung jawab yang  diperlihatkan Umat bin Khattab, yaitu: pernah suatu saat beliau berkata ketika ia  melihat kondisi jalan yang rusak "Aku akan segera perbaiki jalan itu. Sebab aku takut diminta pertanggung jawaban dihadapan Allah Swt. nanti, hanya karena  ada seekor unta yang terjungkal". Masih banyak lagi perilaku teladan yang patut  kita contoh dari peribadi khalifah Umar bin Khattab. Jasa khalifah Umar bin Khattab yang sampai saat ini kita rasakan adalah  penetapan kalender Hijriyah atau penetapan tanggal 1 Muharam sebagai Tahun  Baru Hijriyah.

Kepemimpinan Usman bin Afan 
Kahlifah Usman bin Afan memerintah  selama dua belas tahun atau dari tahun 644 s/d 656 M.  Beliau dikenal sebagai orang kaya  dan dermawan. Bukti kedermawanan Usman  bin Afan, yaitu pada masa pemerintahan Abu  Bakar, beliau pernah memberikan gandum  yang diangkut dengan 1000 unta untuk membantu kaum miskin yang menderita di  musim kering. 

Di masa pemerintahannya, Usman bin  Afan melakukan kodifkasi (menyusun  atau membukukan) kitab  al–Quran, karena  beliau khawatir akan terjadi perbedaan al–Quran. Kemudian beliau membentuk panitia penyusunan  al–Quran yang diketuai oleh  Zaid bin Sabit dengan anggotanya Abdullah bin Zubair dan Abdurrahman bin  Haris. Panitia tersebut bertugas menyalin ulang ayat-ayat al–Qur±n dalam sebuah  buku yang disebut Mushaf dan diperbanyak 4 (empat) buah (exemplar). Satu buah  disimpan di Madinah yang disebut Mushaff al-Imam atau Mushaf Usmani, empat  buah lainnya dikirim ke Mekah, Suriah, Basrah dan Kufah. Di samping itu beliau  juga merenovasi Masjid Nabawi di kota Madinah, dengan cara memperluas dan  memperindah bentuknya.

Kepemimpinan Ali bin Abi Thalib 
Ali bin Abi Thalib adalah salah seorang  khulafurasyidin yang terakhir. Ali  merupakan anak dari paman Rasulullah saw., yaitu: Abu Thalib yang selalu  membela dakwah nabi Muhammad saw.. Ali bin Abi Thalib adalah seorang yang  pemberani. Hal itu sudah dibuktikan Ali bin Abi Thalib ketika harus menggantikan tidur Rasulullah saw.. Padahal di luar rumah pemuda-pemuda Quraisy ingin  menyakiti Rasulullah saw. yang akan pergi hijrah.

Masa pemerintahan Ali  kurang lebih selama lima tahun (656-661 M). Selain  pemberani Ali bin Abi Talib juga seorang pemimpin yang  peduli terhadap pendidikan. Sebagai contoh, beliau mendirikan beberapa madrasah untuk tempat  belajar anak-anak.

Dalam menjalankan roda pemerintahan, Ali bin Abi Thalib mengharuskan  pegawainya jujur, cakap, dan bertanggung jawab. Beliau juga memajukan bidang Ilmu Bahasa, serta mengembangkan bidang pembangunan, terutama di kota Kufah sebagai pusat Ilmu Tafsir, Ilmu Hadis, Ilmu Nahwu dan ilmu pengetahuan  lainnya.


0 Response to "Kepemimpinan Sahabat Rasulullah saw."

Post a Comment