Fungsi Ginjal


Ginjal merupakan alat ekskresi yang paling utama sebab  ginjal memegang peran paling penting dalam pengeluaran  zat-zat sisa dari dalam tubuh. Setelah dicerna dan diserap tubuh, zat-zat makanan tersebut akan diangkut oleh darah ke sel-sel tubuh. Di dalam sel, zat-zat makanan akan diuraikan menjadi glukosa untuk memenuhi kebutuhan sel. Proses yang terjadi di dalam sel  ini sering disebut sebagai metabolisme.

Metabolisme protein menghasilkan zat sisa yang mengandung nitrogen, yaitu urea dan amoniak. Tidak seperti karbon dioksida yang dapat dibuang melalui pernapasan, urea dibuang melalui ginjal dan sebagian dibuang melalui kulit. Hal tersebut dapat terjadi karena urea terlarut dalam air. Selain urea, tubuh juga membuang kelebihan mineral-mineral, misalnya garam yang berlebih. Ginjal dan kulit berfungsi membuang mineral dari dalam tubuh. Manusia memiliki sepasang ginjal yang terletak di dalam rongga perut. Ginjal berbentuk seperti kacang merah. Ginjal kanan letaknya sedikit lebih rendah dibandingkan ginjal kiri.



Jika ginjal dibelah secara memanjang maka tampak tiga lapisan ginjal meliputi korteks, medula (sumsum ginjal), dan pelvis (ruang ginjal). Ginjal pada dasarnya terdiri atas ribuan saringan kecil yang disebut nefron. Saringan-saringan kecil ini memiliki saluran yang saling berhubungan satu sama lain dan bertemu di pelvis. Nefron mencakup bagian kapsul Bowman yang di dalamnya terdapat banyak pembuluh darah dan saluran-saluran yang menyalurkan urine hasil penyaringan.

Bagaimanakah proses pembentukan air seni atau urine? Proses pembentukan urine dimulai di dalam kapsul Bowman. Di dalam kapsul Bowman terdapat kapiler-kapiler darah yang disebut glomerulus. Di glomerulus inilah air dan bahan-bahan yang terlarut dalam darah dikeluarkan dari pembuluh darah, kemudian mengalir ke dalam saluran nefron (tubulus). 

Ketika hasil penyaringan (filtrasi) tersebut mengalir melalui saluran nefron, terjadi proses penyerapan kembali bahan-bahan yang masih diperlukan tubuh atau reabsorpsi. Selain itu, terjadi juga pembuangan bahan-bahan yang tidak diperlukan tubuh atau sekresi. Dari nefron, urine terus mengalir hingga ke pelvis dan selanjutnya mengalir ke kantung kemih melalui ureter. 

Setiap saat, ginjal senantiasa menyaring darah sehingga selalu terbentuk urine. Walaupun demikian, mengapa kamu tidak buang air kecil terus-menerus? Hal ini dikarenakan urine tidak langsung dikeluarkan, namun ditampung terlebih dahulu di dalam kantung kemih. Jika kantung kemih hampir penuh, otot kantung kemih akan meregang dan menyebabkan terkirimnya rangsangan ke otak bahwa kamu ingin buang air kecil. Jumlah urine yang dikeluarkan tubuhmu juga bergantung banyaknya air yang dikonsumsi.