Kelainan dan Gangguan pada Tulang


Kelainan dan gangguan tulang yang paling umum adalah karena tulang mengalami retak atau patah (fraktura). Tanda-tanda umum keretakan atau patah tulang adalah rasa sakit yang hebat pada daerah patahan, pembengkakan, dan kemungkinan terjadi pendarahan. Patah tulang dapat mengalami penyembuhan kembali seperti pada posisi semula yang disebut reduksi.


Patah tulang dapat dibedakan sebagai berikut.
  1. Patah tulang tertutup, jika tulang yang patah tidak sampai merobek kulit.
  2. Patah tulang terbuka, jika tulang yang patah merobek kulit dan tulang mencuat ke luar.
  3. Fisura, jika tulang hanya retak.
Selain oleh patahan, gangguan gerak dapat disebabkan oleh pertumbuhan tulang-tulang kaki yang mengalami hambatan sebelum bayi lahir

Kelainan dan Gangguan pada Persendian
Gangguan persendian ada beberapa macam, yaitu dislokasi, terkilir, ankilosis, dan artritis.
1) Dislokasi
Dislokasi terjadi apabila sendi bergeser dari kedudukan semula karena ligamentum (jaringan penggantung) sobek atau tertarik.

2) Terkilir
Terkilir disebabkan oleh gerakan yang tiba-tiba atau tidak biasa dilakukan sehingga ligamentum menjadi tertarik, tetapi sendi tidak mengalami pergeseran posisi. Terkilir menyebabkan rasa sakit yang cukup hebat dan mengalami pembengkakan.

3) Ankilosis
Ankilosis adalah suatu keadaan persendian yang tidak dapat digerakkan karena seolah-olah kedua tulang itu menyatu.

4) Artritis
Artritis adalah peradangan yang terjadi pada sendi disertai dengan rasa sakit dan kadang-kadang posisi tulang mengalami perubahan.

Kelainan dan Gangguan pada Tulang Belakang
Kelainan dan gangguan yang terjadi pada tulang belakang disebabkan oleh perubahan kedudukan bagian ruas tulang belakang yang disebut spina. Spina akan menyebabkan perbedaan kelengkungan batang tulang belakang. Secara normal batang tulang belakang melengkung pada bagian punggung (torakal) dan pada bagian pinggul (lumbar). Karena perubahan kedudukan spina pada ruas-ruas tulang belakang terjadilah perubahan kelengkungan tersebut.

Macam gangguan yang disebabkan kelainan tulang belakang sebagai berikut.
1) Skoliosis
Skoliosis,yaitu kondisi di mana tulang belakang bagian punggung membengkok ke kiri atau ke kanan. Penyebabnya adalah posisi duduk yang salah. Skoliosis juga dapat terjadi jika seseorang sering membebani salah satu sisi tulang belakang dan kebiasaan ini dilakukan selama bertahun-tahun.

2) Lordosis
Lordosis,yaitu kondisi di mana tulang belakang bagian punggung membengkok ke belakang. Hal itu dapat terjadi, jika kita sering duduk di kursi dengan meja yang terlalu tinggi.

3) Kifosis
Kifosis merupakan kondisi yang berkebalikan dengan lordosis. Kifosis, yaitu tulang belakang bagian dorsal perut membengkok ke depan. Hal itu dapat terjadi karena kebiasaan menulis yang terlalu membungkuk.

Kelainan dan Gangguan karena Faktor Fisiologis
1) Rakitis
Rakitis merupakan penyakit tulang yang ditandai dengan keadaan tulang kurang keras karena kekurangan vitamin D. Fungsi vitamin D adalah membantu dalam penimbunan zat kapur dalam pembentukan tulang. Jika kekurangan vitamin D terjadi pada masa anak-anak akan terjadi pembengkokan pada kaki. Pembengkokan dapat ke arah luar sehingga membentuk huruf O atau ke arah dalam sehingga membentuk huruf X. Rakitis dapat juga menyebabkan kelainan yang disebut “dada merpati”, yaitu batang tulang belakang memendek.

2) Mikrosefalus
Mikrosefalus merupakan kelainan akibat pertumbuhan tulang-tulang tengkorak yang terhambat karena kekurangan zat kapur saat pembentukan tulang tengkorak pada waktu bayi, sehingga ukuran kepala kecil (ukurannya tidak proporsional). Akibat lebih lanjut biasanya berpengaruh pada perkembangan mental.

3) Osteoporosis
Osteoporosis, yaitu keadaan tulang yang kurang keras (lunak) karena kekurangan kalsium dan fosfor. Keadaan tersebut menyebabkan tulang-tulang menjadi mudah patah dan rapuh.

4) Kelainan sebagai Akibat Penyakit Lain
Kelainan tulang karena penyakit, misalnya TBC tulang atau tumor yang dapat memengaruhi tekanan fisik dan fisiologis tulang dan peradangan pada jaringan pengikat dan tendon.

Cara Memelihara Kesehatan Tulang
Untuk memelihara kesehatan tulang, banyak hal yang dapat kamu lakukan, misalnya sebagai berikut.
a. Menghindarkan cidera tulang dari kegiatan-kegiatan sehari-hari
Dalam melakukan kegiatan sehari-hari harus hati-hati agar tidak terjadi kecelakaan yang dapat menyebabkan cidera tulang.
b. Makan makanan yang banyak mengandung kalsium dan fosfor
Makanan yang mengandung kalsium dan fosfor, banyak terdapat pada ikan laut, udang, dan kacang-kacangan. Kalsium dan fosfor dapat meningkatkan ketahanan tulang.
c. Minum susu
Pada umumnya susu mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya kalsium dan fosfor. Dengan minum susu secara teratur diharapkan dapat menghindarkan tulang dari kelainan yang disebut osteoporosis.
Janin yang sedang tumbuh membutuhkan kalsium dan fosfor yang banyak. Keduanya digunakan untuk perkembangan tulang dan otak. Jika makanan ibu tidak mencukupi kebutuhan janin akan kalsium dan fosfor, akan diambilkan dari tulang dan gigi ibu. Akibatnya ibu menderita osteoporosis dan kerusakan gigi.



0 Response to "Kelainan dan Gangguan pada Tulang"

Post a Comment