Lima Sifat Wajib Allah


Sifat wajib Allah artinya sifat-sifat kesempurnaan yang harus ada pada Allah. Sifat-sifat tersebut tidak dimiliki oleh  siapa pun. Artinya,  hanya  Allah  yang memilikinya. Mengapa sifat tersebut hanya dimiliki oleh Allah? Karena Allah merupakan zat yang Maha Pencipta. Jadi, tidak mungkin sifat Allah sama dengan ciptaan-Nya. Sifat-sifat wajib bagi Allah ada dua puluh. Namun, yang akan dibahas hanya lima sifat saja. Kelima sifat tersebut, yaitu:
1.  wujud,
2.  qidam,
3.  baqa’,
4.  mukhalafatu lilhawadisi, dan
5.  qiyamuhū binafsihi.




1.  Wujud
Wujud artinya ada. Adanya Allah karena ZatNya sendiri. Jadi, Allah ada bukan karena diciptakan. Keberadaan  Allah  dapat  dibuktikan  dengan ciptaanya, yaitu alam semesta. Alam semesta tersebut tidak mungkin ada jika tidak ada yang menciptakan. Hal itu dikarenakan segala sesuatu ada karena diciptakan. Misalnya, saat ini kamu sedang mengenakan pakaian. Apakah mungkin pakaian yang kamu kenakan ada dengan sendirinya? Tentu tidak mungkin kan! Pakaian ada karena ada yang menciptakan, yaitu penjahit. Begitu pula dengan alam semesta. Alam semesta tidak mungkin ada jika tidak ada yang menciptakan. Alam semesta ada karena diciptakan Allah. Oleh karena itu, Allah itu sudah pasti ada.

2.  Qidam
Qidam artinya terdahulu. Maksudnya, Allah paling dahulu dari apa pun juga. Hal ini dikarenakan Allah sebagai sang pencipta. Oleh karena itu, Allah sudah pasti lebih dahulu dari ciptaan-Nya. Misalnya, apakah pakaian lebih dulu ada dari penjahit? Tentu tidak kan, karena pakaian tidak akan ada dengan sendirinya. Jadi, penjahit pasti lebih dulu ada dari pakaian. Begitupun dengan Allah.

3.  Baqa’
Baqa’ artinya  kekal. Allah  itu  tidak  akan  mati selamanya. Allah pun tidak akan rusak. Jadi, Allah akan abadi selamanya. Hal itu berbeda dengan ciptaan-Nya. Coba kamu pikirkan, apakah kamu akan hidup selamanya? Semua makhluk hidup akan mengalami mati. Gunung-gunung yang kokoh akan hancur. Pokoknya, semua alam semesta ini pasti akan mengalami kehancuran.

4.  Mukhalafatu lilhawadisi
Mukhalafatu lilhawadisi artinya berbeda dengan makhluk-Nya. Maksudnya,  Allah tidak  akan sama dengan ciptaanya. Semua ciptaan Allah pasti akan hancur. Sedangkan Allah akan tetap abadi. Misalnya, pakaian yang kamu pakai tidak akan sama dengan penjahit. Pakaian tidak perlu makan, sedangkan  penjahit  perlu makan. Pakaian  tidak dapat bergerak, sedangkan penjahit dapat bergerak. Begitupun dengan penjahit. Penjahit tidak akan sama dengan Allah yang menciptakan-Nya.

5.  Qiyamuhū binafsihi
Qiyamuhū  binafsihi artinya  berdiri  sendiri. Allah tidak membutuhkan bantuan dari siapa pun. Allah tidak  bergantung  kepada  yang  lain. Hal  itu dikarenakan Allah Mahaberkehendak. Berbeda dengan manusia. Manusia perlu bantuan orang lain untuk hidup. Manusia perlu tanaman dan hewan sebagai sumber makanan. Manusia perlu gas oksigen untuk bernapas.



0 Response to "Lima Sifat Wajib Allah"

Post a Comment