Fungsi Lensa


Lensa adalah benda transparan yang dibatasi oleh dua bidang lengkung atau dibatasi oleh satu bidang lengkung dan satu bidang datar. Contoh: lensa kacamata, lensa mata dan lain-lain. Lensa menggunakan sifat pembiasan cahaya dan efek kelengkungan permukaannya. Pembiasan pada lensa bergerak dari medium kurang rapat ke medium lebih rapat. Medium yang kurang rapat adalah udara, dan mediun yang lebih rapat adalah lensa.

Lensa digunakan untuk membuat alat-alat sebagai berikut:

1) Mikroskop





Digunakan untuk melihat benda-benda kecil agar lebih jelas. Mikroskop terdiri dari dua buah lensa positif. Lensa yang dekat ke benda disebu lensa objektif. Lensa yang dekat ke mata disebut lensa okuler.

2) Lup



Lup terbuat dari sebuah lensa positif. Lup digunakan sebagai kaca pembesar. Lup biasa digunakan untuk mengamati benda yang kecil. Misalnya digunakan oleh tukang arloji, peneliti tumbuhan dan dalam bidang grafis.

3) Teleskop atau teropong

Teleskop terdiri dari susunan tiga lensa cembung atau positif. Ketiga lensa cembung atau positif tersebut, yaitu lensa obyektif, lensa pembalik, dan lensa okuler. Teleskop digunakan untuk membantu melihat benda-benda di angkasa.

4) Teropong bintang

Teropong bintang digunakan untuk mengamati benda-benda yang sangat jauh. Misalnya untuk melihat benda langit atau bintang. Teropong bintang merupakan alat optik yang terdiri dari dua lensa cembung.

5) Kamera



Kamera minimal menggunakan satu lensa positif. Kamera digunakan untuk membentuk gambar suatu benda.

6) Proyektor


Proyektor digunakan untuk menghasilkan bayangan nyata pada layar. Proyektor terdiri atas lampu, cermin cekung, dan lensa cembung. Penggunaan proyektor misalnya di bioskop dan dalam rapat-rapat atau seminar.

7) Periskop


Periskop adalah teropong yang biasa digunakan dalam kapal selam. Periskop digunakan untuk melihat keadaan sekitar di luar kapal selam.



0 Response to "Fungsi Lensa"

Post a Comment