Kepiawaian Si Burung Merak




Meski usianya sudah 70-an tahun, kepak sayap si penyair berjuluk Si Burung Merak ini masih kuat dan tangkas. Suaranya masih lantang dan sangatlah mahir memainkan irama serta tempo. Kepiawaian pendiri Bengkel Teater, Yogyakarta, ini membacakan sajak serta melakonkan seseorang tokoh dalam drama membuatnya menjadi seorang bintang panggung yang terkenal di seluruh anak negeri hinggga mancanegara. W.S. Rendra mencurahkan sebagian besar hidupnya dalam dunia sastra dan teater. Menggubah syair maupun membacakannya, menulis naskah drama sekaligus melakoninya sendiri, dikuasainya dengan sangat matang. Sajak, puisi, maupun drama hasil karyanya sudah melegenda di kalangan pecinta seni sastra dan teater di dalam negeri, bahkan di luar negeri.

W.S. Rendra
Menekuni dunia sastra baginya memang bukanlah sesuatu yang kebetulan, namun sudah menjadi cita-citanya. Hal ini dibuktikan sekembalinya dari menempuh pendidikan di American Academy of Dramatical Art, New York, USA, pria tinggi besar berambut gondrong dengan suara khas ini mendirikan Bengkel Teater di Yogyakarta. Memimpin Bengkel Teater, menulis naskah, menyutradarai, dan memerankannya, dilakukannya dengan sangat baik.

Karya-karyanya yang berbau protes pada masa aksi para mahasiswa sangat aktif pada tahun 1978, membuat pria bernama lengkap Willibrordus Surendra Broto Rendra ini pernah ditahan oleh pemerintah yang berkuasa saat itu. Di samping karya berbau protes, dramawan kelahiran Solo, 7 November 1935 ini juga sering menulis karya sastra yang menyuarakan kehidupan kelas bawah, seperti dalam puisinya yang berjudul Pesan Pencopet kepada Pacarnya. Masih banyak lagi karyanya yang terkenal, seperti Blues untuk Bonnie, Sajak Seorang Tua tentang Bandung Lautan Api, Mencari Bapak. Demikian juga naskah drama, banyak karyanya yang telah dipentaskan, seperti Oedipus Rex, Kasidah Barzanji, dan Perang Troya Tidak Akan Meletus.

Sajaknya yang berjudul Mencari Bapak pernah dibacakannya pada acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-118 Mahatma Gandhi pada tanggal 2 Oktober 1987, di depan para undangan The Gandhi Memorial International School, Jakarta. Ketika itu, penampilannya mendapat perhatian dan sambutan yang  sangat hangat dari para undangan. Demikianlah salah satu contoh ia secara langsung telah berjasa memperkenalkan sastra Indonesia ke mata dunia internasional.

Prestasinya di dunia sastra dan drama selama ini juga telah ditunjukkan melalui banyaknya penghargaan yang diterimanya, seperti Hadiah Puisi dari Badan Musyawarah Kebudayaan Nasional pada tahun 1957, Anugerah Seni dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1969, dan Hadiah Seni dari Akademi Jakarta pada tahun 1975. Itulah Rendra, si bintang panggung yang selalu memukau para penontonnya setiap kali membaca sajaknya maupun melakoni dramanya

0 Response to "Kepiawaian Si Burung Merak"

Post a Comment