Taj Mahal, Terindah untuk yang Tercinta



Taj Mahal terletak di kota Agra, India, di tepi Sungai Yamuna yang memantulkan keindahannya di permukaan air. Bangunan yang hampir seluruhnya terbuat dari marmer putih ini memang sangat indah memesona. Dekorasinya berbentuk bunga-bunga dan kaligrafi yang bertahtakan permata.

Di dalam kompleks Taj Mahal terdapat lima bagian utama, yaitu pintu gerbang utama (darwaja), taman (bageecha), masjid, rumah peristirahatan (naqqar kana), dan terakhir bangunan Taj Mahal yang berdiri megah dan indah.

Taj Mahal dibangun oleh Shah Jahan sebagai hadiah tanda cinta untuk mendiang istrinya, Mumtaz Mahal. Shah Jahan adalah raja India yang kelima dari Dinasti Mughal. Ia sangat menyayangi istrinya yang bernama Arjumand Banu atau yang dikenal dengan sebutan Mumtaz Mahal.


Dalam tradisi Mughal, perempuan dalam keluarga bangsawan akan mendapatkan nama baru setelah menikah. Mumtaz Mahal sendiri berarti hiasan istana. Sayang, pada tahun 1631, Mumtaz Mahal meninggal ketika melahirkan putranya yang ke-14. Tentu saja Shah Jahan sangat berduka. Dia ingat sebelum meninggal, istrinya sempat meminta dibangun sebuah makam untuknya. Karena cintanya yang begitu mendalam terhadap Mumtaz Mahal, Shah Jahan pun membangun sebuah makam yang megah. Dia membangun sebuah Taj Mahal yang diartikan sebagai mahkota istana.

Taj Mahal yang menjadi salah satu keajaiban dunia, dibangun selama 22 tahun (1632–1654). Untuk pembangunannya mengerahkan 20.000 orang. Selain itu, 1.000 ekor gajah pun diturunkan untuk membantu pembangunan makam yang megah itu. Bangunan tersebut dirancang sedemikian rupa oleh para arsitek dari Persia dan Arab sehingga jika terlihat dari arah mana pun, bentuknya tampak sama.

Semua bahan bangunan berasal dari India dan negara Asia lainnya. Marmer putih berasal dari Rujastan, batu permata kristal dari Cina, batu pirus hijau dari Tibet, dan batu Safir dari Sri Langka. Di bagian atas bangunan terdapat kubah bulat besar yang menjulang 30 meter di atas puncak bangunan. Kubah itu menjadi pusat dari keseluruhan bangunan.