Legenda Gunung Tangkuban Perahu


Pada zaman dahulu, ada seorang raja yang tidak mempunyai anak. Nama raja itu adalah Prabu Barmawijaya. Kerajaannya terletak di daerah Priangan, Jawa Barat. Ketika sedang berburu, raja itu ingin buang air kecil. Tanpa disengaja, air seninya tertampung di dalam tempurung kelapa. 

Kemudian, air seni itu diminum oleh seekor babi hutan betina. Akibatnya, babi itu mengandung. Ia melahirkan anak wanita yang sangat cantik. Anak itu ditemukan oleh raja ketika sedang berburu. Dia diangkat sebagai putri. Namanya Dayang Sumbi.


Setelah dewasa, Dayang Sumbi menyendiri di hutan. Di tempat itu, dia menenun kain. Ketika sedang menenun, anak toraknya jatuh masuk kolong. Dia malas untuk mengambilnya karena letih. Tanpa berpikir ia mengeluarkan janji. Siapa saja yang dapat memungut torak akan diberi hadiah. Jika perempuan dijadikan saudara dan jika laki-laki dijadikan suami. Tumang, anjing kesayangannya berhasil mengambil torak itu. Akhirnya, Tumang dijadikan suaminya.

Dayang Sumbi dan Tumang mempunyai anak yang tampan. Namanya Sangkuriang. Namun, Sangkuriang mengecewakan orang tuanya. Dia membunuh ayahnya. Akhirnya, Sangkuriang diusir ibunya. Setelah dewasa, Sangkuriang kembali ke kampung. Ia bertemu dengan wanita yang sangat cantik. Keduanya jatuh cinta. Akan tetapi, wanita itu tahu kalau laki-laki itu anaknya. Wanita itu adalah Dayang Sumbi. Dayang Sumbi tidak mau menikah. Ia menyuruh Sangkuriang membuat perahu dalam satu malam. Sangkuriang sangat sakti. Dia akan dapat melakukan permintaan Dayang Sumbi. Akan tetapi, Dayang Sumbi berusaha menggagalkannya.

Dayang Sumbi berhasil menggagalkan usaha putranya. Di tengah malam, Dayang Sumbi menumbuk padi. Itu membuat ayam-ayam jago di desanya berkokok. Ayam jago mengira hari sudah pagi. Dayang Sumbi juga membuat fajar di ufuk timur. Caranya dengan melambai-lambaikan selembar selendang putih. Sangkuriang kecewa mengira tugasnya gagal. Ia menyepak perahu yang hampir selesai itu. Perahu terbalik dan menimpa dirinya.