Kisah Raja yang Bijaksana


Kerajaan Haggaer adalah kerajaan yang kaya raya. Tanahnya subur dan hasil alamnya banyak. Hasil pertanian, hasil pertambangan, dan  hasil lautnya sangat berlimpah. Dari hasil alamnya, rakyat seharusnya bisa  hidup makmur dan mengalami kebahagiaan. Namun, yang terjadi tidaklah demikian. Rakyat hidup sengsara karena hak-hak mereka di-rampas oleh  para pejabat kerajaan.


Sang Raja tidak mengetahui keadaan rakyatnya. Ia tidak tahu bahwa  rakyatnya miskin dan sengsara. Raja tidak tahu bahwa para pejabatnya  begitu serakah. Selama ini Sang Raja tidak pernah bercengkrama di luar istana. Ia begitu percaya kepada para pejabatnya. Oleh karena itu, Sang  Raja merasa cukup menerima laporan dari para pejabat kerajaan. Tentu  saja, para pejabat kerajaan hanya melaporkan yang baik-baik saja kepada  rajanya. Para pejabat tidak mau kebusukan mereka diketahui rajanya.

Suatu saat Sang Raja menyadari bahwa selama ini ia kurang dekat  dengan rakyatnya. Sang Raja sadar bahwa ia tidak mengetahui keadaan  rakyatnya. Karena itu, Sang Raja berusaha menemukan cara untuk mengenal rakyatnya.

Sang Raja pagi-pagi buta telah meninggalkan istana seorang diri.  Dengan kudanya, Sang  Raja mengelilingi kerajaan.  Ia pergi dengan pakaian  biasa supaya tidak dikenal oleh rakyatnya. Sang Raja melihat dengan mata  sendiri keadaan rakyatnya  yang miskin. Sang Raja  juga mendengar tentang para pejabat kerajaan yang serakah dan menindas. 

Sang Raja sangat sedih melihat keadaan seperti ini. Sang Raja sangat  menyesal bahwa selama ini ia kurang dekat dengan rakyatnya. Sang Raja  juga sangat kecewa karena para pejabat kepercayaannya justru tidak bisa  dipercaya. Mereka merampas hak-hak rakyat. Oleh karena itu, Sang Raja  menjadi murka. Ia menghukum para pejabat yang tidak baik. Sementara  para pejabat yang baik tetap dipertahankan. Sang Raja membuka kesempatan bagi rakyatnya untuk bertemu langsung dengan rajanya.

Kebijaksanaan Sang Raja mengubah situasi kerajaan. Rakyat dan  rajanya bersatu. Kemakmuran sekarang dapat dinikmati oleh semua  rakyat. Orang tidak berani lagi melakukan kejahatan. Hak-hak setiap orang merasa dilindungi. Kebijaksanaan Sang Raja membuat Kerajaan Haggaer  sungguh mengalami kebahagiaan.


0 Response to "Kisah Raja yang Bijaksana"

Post a Comment